Powered by Blogger.

Saturday, April 14, 2012

ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM MONITORING GRAFIK PENDAPATAN SAMSAT ONLINE PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT

ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM MONITORING GRAFIK PENDAPATAN SAMSAT ONLINE PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT
( STUDI KASUS : DINAS PENDAPATAN DAERAH PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT )

Proposal Tesis
Program Studi Magister Teknik Informatika
Jurusan Teknik Informatika

diajukan oleh :
Yusri Manunggal Tujuh Parera
09.51.0067
kepada
SEKOLAH PASCA SARJANA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
Desember, 2010

I. LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi serta informasi ini kegiatan bisnis suatu organisasi tidak terlepas dari peran Sistem informasi (SI) dan Teknologi Informasi (TI), SI merupakan sarana andalan guna memenangkan persaingan dalam industri, membantu organisasi dalam mewujudkan efisiensi proses back office, meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen, membantu mengambil keputusan, merencanakan ke depan, memperluas pasar, dan memasarkan produk.
Keunggulan bersaing organisasi yang didukung oleh sistem informasi tersebut harus disesuaikan dengan kematangan proses dan rencana bisnis organisasi ke depan guna memenangkan persaingan. Sistem informasi berfungsi sebagai sarana dalam membantu organisasi untuk merealisasikan tujuan organisasi tersebut. Organisasi perlu melakukan penggalian kebutuhan bisnis dan mengevaluasi sumber daya Teknologi Informasi (TI) hingga diperoleh peluang yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh para pelaku yang terlibat dalam organisasi.
Monitoring adalah proses pengumpulan dan analisis informasi secara sistematis dan berkelanjutan tentang kegiatan atau program sehingga dapat dilakukan tindak lanjut dan koreksi untuk penyempurnaan kegiatan atau program. Dinas pendapatan daerah propinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB ) telah menggunakan sistem online dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tepat waktu. Dalam pelaksanaan sistem online tersebut sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat akan tetapi kendala yang dihadapi oleh pihak Dispenda adalah tidak terpantaunya perkembangan pembayaran pajak secara visual ( Grafik ), yang ada saat ini hanya dapat terpantau berupa angka.
Untuk dapat melihat perkembangan pembayaran pajak secara visual ( grafik ) maka disini penulis ingin membuat aplikasi program tampilan monitoring pembayaran pajak secara visual ( Grafik ) agar dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pihak Dinas Pendapatan Daerah Propinsi NTB.


1.2 PERUMUSAN MASALAH
            Dalam penilitian ini penulis akan membahas masalah utama sebagai berikut :
1.      Bagaimana menerapkan sistem monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online?
2.      Bagaimana merancang dan membuat sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor  secara online dalam visual ( Grafik ) ?
3.      Bagaimana mengimplementasikan sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online dalam visual ( Grafik ) pada sistem yang sebenarnya ?

1.3 BATASAN MASALAH
            Adapun batasan masalah dalam penilitian ini adalah :
1.      Analisa Sistem monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online dengan menggunakan metode analisis SWOT
2.      Merancang dan membuat sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor  secara online dalam visual ( Grafik ) dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual basic.
3.      Mengimplementasikan sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online dalam visual ( Grafik ) pada sistem yang sebenarnya.

1.4 TUJUAN DAN MANFAAT PENILITIAN
            a. Tujuan Penelitian 
Tujuan yang diharapkan dari penilitian ini adalah :
1.      Dapat menerapkan sistem monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online.
2.      Dapat merancang dan membuat sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor  secara online dalam visual ( Grafik ).
3.      Dapat mengimplementasikan sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online dalam visual ( Grafik ) pada sistem yang sebenarnya.
b. Manfaat Penelitian
      Manfaat yang dihasilkan dari penilitian ini adalah :
1.      Menghasilkan suatu rancangan sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak secara online.
2.      Menghasilkan sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online dalam visual ( Grafik ).
3.      Menghasilkan rekomendasi khusus untuk penggunaan sistem aplikasi monitoring pembayaran pajak secara online dalam visual ( Grafik ).


II. TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI
2.1 Tinjauan Pustaka
Pada bab ini akan diuraikan pembahasan mengenai hasil studi literatur yang menjadi landasan pembahasan pada bab-bab selanjutnya. Bab ini menjelaskan tentang definisi sistem informasi dan teknologi informasi, definisi sistem monitoring, Metode dan teori Anilisis.

2.2 Pengertian Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Sistem informasi menurut John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi adalah : ” Kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat”.
Sedangkan menurut Henry Lucas (1988:35) yang diterjemahkan oleh Jugianto H.M, menyatakan bahwa sistem Informasi adalah : “Suatu kegiatan dari prosedur - prosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi”.
Teknologi Informasi Menurut Williams dan Sawyer (2003). Teknologi Informasi adalah “teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara ataupun video”.
Menurut McKeown yang dikutip oleh Suyanto (2005: 3), “teknologi informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya”.
Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Williams dan saywer yang dikutip oleh Seesar (2010: 6), bahwa “teknologi informasi merupakan sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan dan atau menyampaikan informasi”.
Sedangkan menurut Ishak (2008: 87), “teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya”.

2.3 Definisi Monitoring
Menurut (Casely & Kumar 1987) definisi monitoring bisa bervariasi tetapi pada dasarnya prinsip yang digunakan adalah sama, yaitu:
" Monitoring adalah penilaian yang terus menerus terhadap fungsi kegiatan – kegiatan proyek didalam konteks jadwal-jadwal pelaksanaan dan terhadap penggunaan input-input proyek oleh kelompok sasaran didalam konteks harapan-harapan rancangan. Monitoring adalah kegiatan proyek yang integral, bagian penting dari praktek manajemen yang baik dan karena itu merupakan bagian yang integral dari manajemen sehari-hari "

2.4 Metode Analisis
Metode Analisis SWOT Metode ini terdiri dari dua kerangka konsep yaitu Matriks dan Kuadran, Analisis SWOT ( Strengths, weaknesses, opportunities, threats ) merupakan metode analisa yang digunakan untuk membantu para manajer mengembangkan empat jenis strategi : Strategi SO ( Kekuatan-Peluang ), Strategi WO ( Kelemahan-Peluang ), Strategi ST ( Kekuatan-Ancaman), dan Strategi WT ( Kelemahan-Ancaman ). Fred R. David ( 2009 ).
2.5 Pengertian Visual Basic
Microsoft Visual Basic termasuk pemrograman berorientasi object ( Adi kurniadi 2000 ), cara mudah untuk mempelajari dengan cepat bahasa pemrograman berorientasi object adalah mengerti beberapa pengertian yang sering dipakai dalam Object Oriented Programming ( OOP ) seperti ;
1.      Properti adalah karakteristik atau atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu object.
2.      Event adalah suatu kejadian yang dimiliki oleh suatu object, seperti kejadian jika object ditinggalkan, kejadian jika object di klik, kejadian jika object diubah dan lain-lain.
3.      Form adalah tempat kita membuat tampilan program atau tempat menempatkan object-object.
4.      Method adalah suatu perintah seperti halnya fungsi dan prosedur.
Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman paling terkenal tetapi juga paling mudah. Walaupun seseorang tidak memiliki keahlian pemrograman sebelumnya, jika mampu menjelajahi windows dengan baik, maka akan segera dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi dengan visual basic bahkan keahlian dasar yang dibutuhkan dalam visual basic hanyalah mengklik mouse, mengatur jendela dan memilih menu, serta logika pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi visual basic.
2.6 Data Flow Diagram
Data Flow Diagram  (DFD) sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau yang baru akan dikembangkan secara logika atau pikiran. DFD merupakan alat yang digunakan pada pengembangan sistem yang terstuktur dan menggambarkan arus data di dalam sistem dengan rinci dan jelas.
2.7 Flowchart Sistem
            Flowchart sistem adalah bagan (Chart) yang menunjukan aliran (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Tujuan dari penggunaan flowchart adalah untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah secara sederhana, terurai, rapi, dan jelas, dengan mengunakan simbol-simbol. Flowchart digunakan sebagai alat bantu komunikasi atau dokomentasi. Flowchart sistem merupakan bagan yang menunjukan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.
2.8 Keaslian Penelitian
            Sebagai kajian penelitian sebelumnya tentang analisa dan perancangan sistem monitoring memberikan hasil yang berbeda-beda, penelitian-penelitian tersebut adalah sebagai berikut :
Bambang Sugiantoro “ UPN Veteran Yogyakarta 2010 “ dalam penilitiannya Analisa Sistem keamanan instrusion Detection System, Firewall System, Database System dan Monitoring System menggunakan Agent bergerak, menghasilkan suatu aplikasi monitoring dengan menggunakan pendekatan agent bergerak sebagai pengganti sensor untuk menentukan penyusupan.
Fajar Sulistyo “ Universitas Indonesia 2008 dalam penelitiannya Manajemen System monitoring dalam rangka penertiban dan pengaturan frekuensi radio nasional, menghasilkan suatu rancangan aplikasi sebagai bantu pembuat keputusan untuk stasiun monitoring frekuensi radio dengan menggunakan metode analisis SWOT.
 Jurnal Penelitian Sapto Orbayani “ Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya “ dalam penelitiannya Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Monitoring Inventaris Barang menggunakan JSP dengan studi kasus Dinas pendidikan daerah Banyuwangi, menghasilkan rancangan aplikasi sistem monitoring inventaris barang berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.
Pada penelitian-penelitian tersebut diatas terdapat berbagai hasil penelitian rancangan sistem monitoring dengan menggunakan metode analisa yang berbeda-beda, penulis mengangkat penilitian tentang Analisa dan Perancangan Aplikasi Sistem Monitoring Grafik pendapatan samsat online pada dinas pendapatan daerah NTB dengan menggunakan metode Analisa SWOT sebagai alat bantu pembuatan keputusan dalam menganalisa kemampuan yang dimiliki dari Aplikasi Samsat Online Dipenda NTB. Dalam membangun aplikasi sistem monitoring grafik ini penulis menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0, keaslian secara akademik dari penelitian ini dapat dipertanggung jawabkan.

2.9 Metodologi Penelitian
Adapun dalam penilitian ini untuk memperoleh data pendukung dalam pembuatan aplikasi sistem monitoring grafik pendapatan samsat online, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data, yaitu :
1.      Metode Studi Pustaka
Melakukan studi pustaka mengenai konsep Analisa SWOT dan Rancangan sistem aplikasi monitoring grafik dengan bahasa pemrograman visual basic 6.0
2.      Metode Observasi dan Studi lapangan
Dalam metode ini merupakan metode pokok kedua yang diterapkan oleh penulis dalam menganalisis permasalahan yang ada.
a.       Pencarian dan pemahaman data
b.      Melakukan perancangan model sistem
c.       Membuat tampilan yang interaktif dan user friendly
3.      Metode Wawancara
Dalam metode ini penulis Melakukan wawancara dengan pihak Dinas Pendapatan daerah mengenai penerapan aplikasi samsat online.
Menampung kritik dan saran serta masukan dari pihak Dinas Pendapatan daerah NTB dalam merancang sistem dan membuat program aplikasi yang tepat sasaran.
4.      Desain Aplikasi
Tahap ini merupakan bagian yang terpenting dari keseluruhan penelitian, karena pada tahap ini akan dilakukan perancangan aplikasi untuk mengatur sinergi antar device yang dibuat karena inti Penilitian ini adalah mengatur komunikasi antar aplikasi dengan user.
5.      Implementasi
Pada tahap ini dilakukan implementasi dari rancangan aplikasi yang telah dibuat sebelumnya. Tahap ini juga digunakan untuk merealisasikan desain aplikasi agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
6.      Uji Coba dan Evaluasi
Pada tahap ini akan dilakukan berbagai uji coba untuk mengukur tingkat keberhasilan aplikasi yang sudah dibangun, juga melakukan perbaikan dan evaluasi untuk meminimalkan kesalahan.
7.      Penyusunan Laporan
Tahap ini digunakan untuk membuat laporan dari semua langkah-langkah yang telah dikerjakan dalam menyelesaikan aplikasi ini. Didalamnya termasuk dasar teori, metode-metode yang digunakan, juga hasil evaluasi dari aplikasi yang telah dibuat.


DAFTAR PUSTAKA
1.             Penelitian Tesis Bambang Sugiantoro UPN Veteran Yogyakarta ( 2010 ),  Analisa Sistem keamanan instrusion Detection System, Firewall System, Database System dan Monitoring System menggunakan Agent bergerak.
2.             Penilitian Tesis Fajar Sulistyo  Universitas Indonesia ( 2008 ),  Manajemen System monitoring dalam rangka penertiban dan pengaturan frekuensi radio nasional.
3.             Indrajit, R.E. (2000), Pengantar Konsep Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 1st Ed, PT. Elex Media Komputindo.
4.             Prof.Jogianto HM., Akt., MBA., Ph.D ( 2008 ), Metodologi Penelitian Sistem Informasi
5.             McLeod, R. (1995), Management Information System, 6th Ed. Prentice Hall.
6.                Rangkuti, F. (1997), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama.
7.          Adi Kurniadi ( 2000 ), Dasar-dasar Pemrograman Visual Basic 6.0
8.          Sutarman, (2009), Pengantar Teknologi Informasi, Yogyakarta : Bumi Aksara.
9.          Jurnal Ratna Adil, Insitut Teknologi Sepuluh November ( 2009 ), Perancangan Sistem Monitoring Online pada pasien penderita jantung.
10.       Jurnal Iwan Muhammad Erwin ( Pusat Penelitian Informatika ), Perancangan Sistem Monitoring Pengolahan Limbah Cair Pada IPAL.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Lencana Facebook

About