Powered by Blogger.

Wednesday, August 13, 2014

Hacking, Cracking, Hijacking, dan Carding


 
 
Kata-kata hacker ataupun hacking menjadi begitu familiar semenjak kasus perang hacker yang terjadi antara Australia dengan Indonesia. Namun sebenarnya, hacker bukanlah seorang kriminal, dan hacking bukanlah tindakan yang negatif.

Arti kata hacking dan hacker sekarang ini dinilai mengalami penyimpangan makna oleh salah seorang hacktivist di Indonesia. Menurut salah seorang staf di komunitas Binus Hacker, hacking adalah kegiatan positif yang dapat memberikan manfaat untuk orang lain.

"Saat ini kata hacking sudah jauh dari manifesto yang ada. Hacking itu bukan seperti yang dilakukan oleh peretas Indonesia yang menyerang situs Australia, itu cracking namanya," kata hacker yang tak ingin diketahui identitasnya.

Cracking adalah perusakan yang dilakukan dan merugikan orang lain. Sedangkan hacking, meski juga bisa merusak dan memanipulasi data, tapi dilakukan tanpa merugikan orang lain.

Sebaliknya, hacking malah memberikan manfaat bagi orang lain. "Hacker itu melakukan hacking untuk mengetes keamanan sistem seseorang atas izin si pemilik, yang memerlukan bantuan," jelasnya.

Ia menjelaskan, cara kerja hacker adalah membobol sebuah sistem, mencari suatu sistem yang cacat, lalu memberikan informasi mengenai kecacatan tersebut kepada pemiliki situs agar meningkatkan sistem keamanannya.

Berbeda dengan craker, sebutan bagi orang yang melakukan cracking, yang membobol sebuah situs dan mempermalukan situs tersebut dengan deface (mengubah tampilan laman muka).

Sumber :http://techno.okezone.com

PENJELASAN LAIN MENGENAI HACKING, CRACKING, HIJACKING, DAN CARDING

Hacking
Adalah kegiatan memasuki system melalui system Operasional yg lain, yg dijalankan oleh Hacker.
Ada berbagai macam system, misalnya Web, Server, Networking, Software dan lain-lain, atau juga kombinasi dari beberapa system tersebut, tujuanya dari seorang Hacking adalah untuk mencari hole atau bugs ( Lubang Keamanan ) pada system yg dimasuki, dalam arti untuk mencari titik keamanan system tersebut. Bila seorang Hacking berhasil masuk pada system itu, maka Hacking tidak merusak data yg ada, melainkan akan memperluas kegiatannya di system itu untuk menemukan hal yg lain. Setelah itu akan memberitahukan kepada pembuat / pemilik dari system, bahwa system yang dimiliki mempunyai bugs, hole, scratch dan lain-lain. Ini biasanya bersifat legal.

Cracking
Prinsipnya sama dengan Hacking, namun tujuannya cenderung tidak baik. Pada umumnya Cracker mempunyai kebiasaan merusak, mengambil data dan informasi penting dan hal-hal lainnya yg tidak baik. Ringkas kata, kebalikannya dari Hacker. ini bersifat ilegal.

Hijacking
Ini juga berprinsip sama dengan Cracking, akan tetapi hijacker kebanyakan menggunakan alat bantu, Software untuk merusak. Tujuannya juga sangat tidak baik selain mengambil data, informasi, sabotase, juga mengambil alih system yg di tujunya. Setelah merusak system tersebut.

Carding
Sama halnya dengan Cracking & Hijacking. Carder mencari dan mencuri data account (Credit Card, pada umumnya) yg ada di system untuk di pakai sendiri / bersama teamnya, dan dalam operasinya biasanya dengan menggunakan alat bantu maupun tidak.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Lencana Facebook

About