Powered by Blogger.

Saturday, July 27, 2013

Apa itu CMS ?

Seiring dengan kemajuan teknologi yang kita rasakan akhir-akhir ini, terutama dibidang pengembangan website, menyebabkan proses pembuatan sebuah website yang baik bukanlah suatu pekerjaan yang sulit lagi seperti dibayangkan oleh banyak orang sebelumnya. dimana-mana dapat kita lihat berbagai website bermunculan dengan bermacam corak dan ragamnya. mulai dari website yang sangat sederhana dengan hanya mengandalkan beberapa halaman statis HTML, sampai website dinamis yang menggunakan teknik pengembangan website yang muktahir. tak dapat dipungkiri memang, semuanya ini merupakan hasil dari revolusi informasi dunia internet yang sangat cepat. sedemikian cepatnya mengakibatkan tidak semua orang dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dengan baik.
Pertanyaan yang muncul sekarang adalah adakah sebuah sistem yang dapat mengakomodasi perkembangan informasi yang sangat cepat ini, dan yang dapat memberikan keuntungan kepada pihak yang menggunakannya? jawabannya tentu saja ada, yaitu dengan menerapkan Content Management System ( CMS ).
CMS adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster.
Contoh beberapa CMS :
  • Joomla
  • Xoops
  • Mambo
  • Drupal
  • Post-Nuke
  • Wordpress
  • Aura CMS
  • dan lainnya
Perlu anda ketahui bahwa ada CMS yang komersial dan ada yang open source ( Gratis ), yang Gratis itu antara lain : wordpress, Joomla, Aura CMS.

CMS tersebut diatas dapat dijalankan secara online dengan dibantu beberapa aplikasi webserver, apa itu webserver ? webserver adalah suatu program ( mesin yang menjalankan program ) yang mengerti protokol HTTP dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protokol tersebut.
Banyak sekali software web server yang disebarkan secara gratis seperti Xampp, Wampp dan lainnya.
Xampp merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak dalam satu paket. dengan menginstall Xampp maka tidak perlu lagi melakukan instalasi konfigurasi web server Apache, PHP, dan MySQL secara manual. Xampp akan menginstalasi dan mengonfigurasikannya secara otomatis nantinya.

Semoga bermanfaat penjelasan diatas yaa...

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Lencana Facebook

About